Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 Bek Kiri Terbaik Indonesia 2022


bek kiri terbaik indonesia

Daftar 5 Bek Kiri Terbaik Indonesia saat ini tahun 2022, Siapa saja mereka?

Bek kiri atau LB merupakan pemain sepakbola yang berposisi di sektor pertahanan sebelah kiri tim sepakbola. Pemain dengan posisi ini rata-rata memiliki kemampuan bagus dalam urusan bertahan.

Tapi, pada sepakbola modern, bek kiri tidak hanya bertugas sebagai pemain bertahan saja, harus juga dilengkapi dengan kemampuan menyerang yang baik. Lihat saja bagaimana bek kiri terbaik dunia seperti Andy Robertson, Jordi Alba, Joao Cancelo, yang selalu berkontribusi dalam terciptanya sebuah gol. 

Indonesia sendiri memiliki koleksi bek kiri dengan kemampuan bagus bahkan satu di antaranya merupakan pemain Liga 2 Jepang untuk klub Tokyo Verdy. Berikut adalah daftarnya:

Bek Kiri Terbaik Indonesia Saat Ini

1. Pratama Arhan

Di urutan pertama dalam daftar bek kiri terbaik Indonesia adalah Pratama Arhan. Pemain kelahiran Blora, 21 Desember 2001 ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mengisi posisi bek kiri. 

Pratama Arhan memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama bagusnya, terbukti ia selalu menjadi pilihan utama dalam skuad garuda, baik skuad garuda muda maupun senior.

2. Alfeandra Dewangga

Di posisi kedua ditempati oleh bek kiri timnas Indonesia asal klub PSIS Semarang. Posisi asli Dewangga sebenernya bukan bek kiri, melainkan bek tengah. Tetapi, kemampuannya yang cukup bagus di sektor pertahanan sebelah kiri membuat ia selalu menjadi kepercayaan pelatih Timnas Indonesia untuk mengisi posisi bek kiri.

Selain mampu bermain di posisi bek tengah dan bek kiri, Alfeandra Dewangga juga bagus bermain di posisi gelandang bertahan atau DMF.

3. Ricky Fajrin

Di posisi ketiga daftar bek kiri terbaik Indonesia adalah Ricky Fajrin Saputra. Sama seperti Dewangga, Ricky Fajrin juga bisa bermain di posisi bek tengah dan bek kiri dengan kemampuan sama bagusnya.

Pemain asal klub Bali United ini juga merupakan pemain yang langganan mengisi skuad Timnas Indonesia. Saat ini ia sudah mengoleksi 14 caps bersama Timnas Indonesia senior.

4. Johan Alfarizi

Di posisi keempat ditempati oleh bek kiri senior milik Arema FC, Johan Alfarizi. Penampilannya di Liga Indonesia musim 2021/2022 sangat bagus, terbukti ia mencatatkan 5 gol dan 4 assist dari 34 pertandingan.

Pemain kelahiran Malang Jawa Timur ini juga memiliki 3 caps bersama Timnas Indonesia.

5. Firza Andika

Di urutan kelima atau urutan terakhir dalam daftar ini adalah Firza Andika. Pemain kelahiran Medan ini musim lalu mengoleksi 1 gol dan 3 assist dari 28 pertandingan bersama Tira Persikabo.

Musim ini, Firza Andika akan bermain untuk Persija Jakarta. Dia juga merupakan salah satu pemain langganan Timnas Indonesia. Terbukti, ia sudah mengoleksi 14 caps bersama Timnas U-19, 19 caps bersama Timnas U-23, dan 1 caps bersama Timnas Senior.

Demikian informasi mengenai daftar bek kiri terbaik Indonesia 2022.